Sunday, June 04, 2006

Fakultas Pendidikan

Pendidikan, juga merupakan hajat asasi manusia. Setiap warga negara berhak untuk memperolehnya. Kegiatan pendidikan, pada hakikatnya adalah suatu usaha untuk membiasakan manusia, lebih baik dari sebelumnya. Maksudnya, memiliki keluhuran budi, moral dan akhlak yang lebih tinggi. Hal tersebut tergambar dari penguasaan atas ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan serta kemampuan karya cipta yang lebih baik, guna meningkatkan kesejahteraan umat manusia.</div>
Pada kenyataannya, pencapaian tujuan ideal pendidikan tersebut, tidaklah mudah. Karena, diperlukan banyak prasyarat, seperti staf pengajar yang bermutu, fasilitas pendidikan yang memadai, sistem pendidikan dan formulasi kurikulum yang sesuai dengan hajat, serta kebijakan politik pendidikan yang kondusif. Di samping itu, untuk menjamin mutu, penyelenggaraan proses pendidikan yang berkesinambungan, harus dilaksanakan oleh setiap institusi pendidikan.
Strategi yang dapat menjamin manusia mendapatkan pendidikan optimal dan berkesinambungan adalah One Pipe Education System. Sistem ini, harus dilengkapi oleh minimal tiga jalur, yaitu jalur akademis, jalur kombinasi (akademis dan keahlian), dan jalur keahlian. Ketersediaan ketiga jalur ini, akan mempermudah pembimbingan manusia dalam menyalurkan bakat dasarnya hingga mencapai tingkat pendidikan yang tertinggi di bidangnya.
Di Indonesia, pada saat ini, prasyarat-prasyarat proses pendidikan tersebut di atas, sebagian besar belum terpenuhi. Sehingga, mutu hasil pendidikan, belum mampu menjawab tantangan zaman, bahkan cenderung menurun. Salah satu penyebabnya adalah belum berimbangnya antara orientasi ekonomi dan orientasi pendidikan, dalam pelaksanaan pendidikan di institusi-institusi pendidikan.
Melalui pembenahan pada setiap tingkatan, maka proses pendidikan di perguruan tinggi, harus mampu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengkajian iptek, serta memberikan bimbingan yang bermanfaat pada masyarakat. Pada akhirnya, upaya pembenahan ini akan berguna bagi umat manusia secara keseluruhan.Untuk menempatkan kembali proses pendidikan, agar sesuai dengan cita-cita atau tujuan pendidikan yang sebenarnya, UAZ, melakukan pembenahan-pembenahan mendasar pada setiap tingkatan atau strata pendidikan. Mulai dari strata pendidikan dasar, hingga pendidikan tinggi. Untuk itu UAZ, menyeleng-garakan Fakultas Pendidikan, dengan berbagai kelengkapan yang telah dipersiapkan.
Fakultas Pendidikan mempunyai laboratorium lapangan, yaitu sekolah dasar dan sekolah tingkat menengah. Sekolah tingkat menengah, telah berlangsung selama enam tahun. Lebih dari 7.200 pelajar, saat ini belajar dan tinggal di MAZ. Santri dewasa pun ikut melengkapi laboratorium Fakultas Pendidikan. Santri dewasa yang berjumlah 483 orang, terdiri dari karyawan MAZ yang belum berkesempatan mengenyam pendidikan dasar dan menengah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home