Sunday, June 04, 2006

Fakultas Teknologi Informasi


Pada era globalisasi, tuntutan hajat informasi, menjadi sangat penting. Perkembangan teknologi informasi, semakin pesat dalam kurun 10 tahun terakhir ini. Teknik Informasi, dewasa ini, dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi yang up to date dengan meminimalisir kendala ruang dan waktu. Dalam hal ini Teknologi Informasi (TI) menjadi unsur yang sangat diperlukan.
Saat ini, pemanfaatan sistem informasi di Indonesia, baru dapat dirasakan, oleh sebagian kecil masyarakat, yang umumnya berada di perkotaan. Padahal, sebagian besar informasi strategis yang diperlukan untuk pengelolaan negara, berada pada lapisan masyarakat desa. Di antara penyebabnya ialah terbatasnya sarana dan prasarana pendukung juga ketersediaan tenaga-tenaga profesional TI.
Sedangkan, mereka yang berminat untuk terlibat aktif di wilayah perdesaan, lebih terbatas lagi. Maka, tenaga-tenaga professional, di bidang sistem informasi dengan kemampuan terkini, mutlak diperlukan.
Memandang persoalan di atas, UAZ bersiap diri untuk mewujudkan Fakultas IT dengan menyediakan berbagai sarana. Sejumlah 294 unit computer yang tersebar di seluruh lingkungan MAZ, telah terakses online, pada internet. Untuk terakses pada internet, digunakan antene parabola VSAT (Very Small Aperture Terminal) dengan kapasitas bandwith 512 KBPS (KiloBit Per Second). Sedangakan infra struktur jaringan antar komputer, menggunakan teknologi fiber optic. Kemudian komputer juga dilengkapi dengan 11 pusat penyimpanan data (server).
Upaya lainnya, Fakultas IT, bersama dengan ECS (Educational Counseling Service) MAZ, merintis kerjasama dengan beberapa lembaga sertifikasi dan institusi pendidikan luar negeri. Kerja sama tersebut, antara lain berupa program sertifikasi ICDL (International Computer Driving Licence) dan program akademik Teknologi Informasi dari NCC (National Computing Centre) Education, yang berkantor pusat di London.
Program ini dilaksanakan secara online kepada kantor pusat masing-masing. Untuk melaksanakan program pendidikan IT ini, dibentuk Al-Zaytun Global Information and Communication Technology (AGICT) yang sekaligus sebagai embrio terbentuknya Fakultas IT.
Dalam perjalanannya, AGICT telah memiliki 2.713 siswa program ICDL. Terdiri dari 1.595 siswa yang masih aktif belajar dan 1.118 siswa yang telah menyelesaikan program IT tahap pertama. Mereka yang telah lulus dan melanjutkan ke ICCS (International Certificate in Computer Studies) salah satu program NCC, sejumlah 704 siswa. ► (Sumber Ensiklopedi TI).

1 Comments:

Anonymous Iman Persada said...

Saya tertarik untuk mengikuti invigilator training ICDL. Saya butuh info lebih lanjut. Mohon saya dapat diinfokan alamat lengkap Ma'had Al-Zaytun, contact person dan no telp yang bisa id hubungi. Info tersebut dapat dikirim ke imanpersada @yahoo.com atau ke 0818 26 25 46. Terimakasih.

4:42 AM  

Post a Comment

<< Home